Waktu Ideal Berolahraga - Olahraga

Ini Dia! Waktu Ideal Berolahraga dalam Seminggu bagi Si Pekerja Keras

Sport – Halo Sahabat Jaco! Siapa nih yang sering wacana mau rutin olahraga? Bagi kamu yang hampir setiap hari bekerja dari pagi hingga malam hari, sepertinya berolahraga adalah hal yang berat untuk kamu lakukan yaa. Kamu pasti lebih memilih untuk refreshing ke mall ataupun tidur di rumah. Meski tahu bahwa berolahraga memberikan manfaat yang besar terhadap kebugaran dan kesehatan tubuhmu, ironisnya banyak orang yang kurang peduli dengan olahraga. Apalagi jika dilakukan dengan rutin, manfaat olahraga akan terasa semakin optimal bagi tubuh. Namun, kapan yaa waktu yang ideal untuk berolahraga bagi si pekerja keras sepertimu? Simak ulasannya berikut ini yaa.

Kapan Idealnya Berolahraga dalam Seminggu?

Kapan Idealnya Berolahraga dalam Seminggu

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia menganjurkan orang usia dewasa yang sehat untuk berolahraga dengan durasi minimal 150 menit dalam seminggu. Dengan durasi minimal 150 menit saja per minggu, kamu bisa merasakan manfaat bagi kebugaran dan kesehatanmu loh! Agar tidak terasa berat mencapai target 150 menit dalam seminggu, kamu bisa membagi-bagi waktu olahragamu. Misalnya, kamu ingin berolahraga 5 kali dalam seminggu, berarti kamu bisa melakukan olahraga dengan durasi 30 menit setiap harinya. Namun, tidak berarti kamu harus 5 kali dalam seminggu yaa.

Kamu bisa membaginya sesuai jadwalmu, apabila kamu ingin melakukan 3 atau 4 kali dalam seminggu juga sah-sah saja. Lalu, jika kamu tidak sempat berolahraga pada pagi hari, pilihlah waktu sore hari untuk berolahraga sekitar pukul 17:00. Pada waktu tersebut, suhu badan manusia diketahui sedang berada di tingkat tertinggi, sehingga apabila kamu berolahraga, ototmu akan lebih fleksibel dan dapat memberikan kekuatan tinggi.

Meskipun hanya dilakukan sebentar, olahraga dengan durasi singkat ini akan lebih efektif daripada kamu melakukan olahraga dengan durasi 150 menit dalam satu hari. Melakukan olahraga secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuhmu. Apalagi kamu adalah pemula atau amatir dalam berolahraga. Jika dirasa staminamu sudah habis, kamu bisa menghentikan olahraga dan melanjutkannya esok hari. Olahraga terlalu lama dapat membuat tubuhmu justru sangat lelah berkepanjangan atau bahkan bisa mengalami cedera. Bukannya akan lebih segar keesokan harinya, justru kamu bisa-bisa sangat kelelahan sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Olahraga Apa yang Bisa Dilakukan?

Olahraga yang Bisa Dialkukan - Olahraga dengan Treadmill

Tentunya kamu bertanya-tanya apa olahraga yang bisa dilakukan dengan durasi sesingkat itu. Tidak ada batasan dalam mengeksplor olahraga yang ingin kamu lakukan. Namun, selipkan selalu aerobik atau kardio dalam jadwal olahragamu. Lakukan sebanyak 10 menit setiap kamu berolahraga. Aerobik atau kardio ini contohnya menggunakan treadmill, berlari, jogging, berenang, ataupun senam aerobik. Olahraga aerobik ini dapat membantu meningkatkan fungsi jantung dan aliran darah menjadi lebih lancar. Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan dengan jenis olahraga yang kamu suka, baik di rumah ataupun pusat kebugaran.

Manfaat Apa yang Bisa Dirasakan?

Kalau kamu sudah rutin melakukan olahraga dengan waktu yang tepat, banyak manfaat yang bisa kamu rasakan, yang utama adalah tubuhmu akan menjadi lebih bugar, daya tahan tubuhmu akan meningkat dan tidurmu akan menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Selain itu, kamu juga berinvestasi dalam menjaga kesehatan jantung dan organ-organ dalam tubuhmu sejak dini. Sebagai bonus, berat badanmu juga akan lebih ideal dan endorfin yang diproduksi tubuh akan meningkat sehingga suasana hatimu akan menjadi lebih bahagia.

Nah, setelah mengetahui waktu ideal untuk berolahraga, tidak ada alasan lagi ya untuk tidak berolahraga. Kamu harus mulai Ubah Hidupmu menjadi lebih sehat. Jadi, masih rela melewatkan segudang manfaat berolahraga bagi tubuhmu?

Share this post