Dehidrasi - Tips Puasa Ramadhan

Terapkan Pola Minum 332 Saat Berpuasa, Niscaya Tubuh Terhindar dari Dehidrasi

Halo Sahabat Jaco! Tidak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadhan yaa. Di mana semua umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kegiatan menahan haus dan lapar dari terbit hingga terbenamnya matahari. Ketika menahan haus, tubuh akan rentan sekali mengalami dehidrasi. Dehidrasi berarti kurangnya cadangan air dalam tubuh, yang bisa ditandai dengan berubahnya warna urin.

Tubuh manusia pada umumnya membutuhkan asupan air 2 liter dalam sehari atau setara dengan 8 gelas air putih. Kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh mengalami beberapa gangguan, seperti sakit kepala, sembelit, kelelahan, hingga kulit yang kering. Namun, pada saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 14 jam. Lalu, bagaimana memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh selama berpuasa? Simak tipsnya berikut ini!

1. Minum Tiga Gelas Air Putih Saat Sahur

Tips Puasa - Minum Tiga Gelas Air Putih Saat Sahur

Saat sedang sahur, usahakan bangun lebih awal. Biasakan minum air putih satu gelas tepat setelah bangun tidur. Untuk memudahkanmu meminum air putih, sediakan air putih di samping tempat tidurmu sebelum tidur, agar ketika bangun kamu langsung teringat untuk meminum air putih. Selanjutnya, minum segelas air putih lagi saat makan sahur. Lalu, lengkapi kegiatan sahurmu dengan meminum segelas air putih lagi 3-5 menit sebelum imsak. Hal tersebut dapat membuat kamu lebih kuat untuk beraktivitas, memperlancar pencernaan, serta membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh.

2. Tiga Gelas Air Putih Saat Berbuka

Tips Puasa Ramadhan - Tiga Gelas Air Putih Saat Berbuka

Berbuka puasa dengan yang manis memang dianjurkan, tetapi meminum air putih terlebih dahulu juga dianjurkan. Hal ini diperuntukkan agar kinerja lambung tidak menjadi terlalu berat. Setelahnya, kamu dapat menyantap makanan ringan khas berbuka diselingi dengan air putih satu gelas. Sebaiknya kamu mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang manis, karena terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis berkalori tinggi dapat mengakibatkan penimbunan kalori berupa lemak. Sedangkan air putih, selain dapat menghilangkan dahaga saat berbuka juga akan membantu tubuh menutupi kehilangan cairan saat puasa. Selanjutnya, kamu dapat meminum satu gelas lagi setelah sholat magrib atau ketika makan makanan berat.

3. Dua Gelas Air Putih Sebelum Tidur

Tips Puasa Ramadhan - Dua Gelas Air Putih Sebelum Tidur

Untuk mengoptimalkan tubuhmu agar terhidrasi sempurna, minum air putih segelas setelah selesai shalat tarawih. Satu gelas lagi dapat kamu minum sebelum kamu tidur. Hal ini dapat membantu organ-organ dalam tubuhmu lebih mudah memproses makanan yang masuk dan mencerna makanan yang telah kamu makan.

Nah, Sahabat Jaco, saat berpuasa kita harus pintar memilih makanan atau minuman, baik yang akan dikonsumsi pada saat sahur ataupun ketika berbuka puasa. Mengonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari akan menjaga keseimbangan hidrasi dalam tubuh. Hindari minum yang berlebihan, karena minum terlalu banyak sekaligus juga dapat menyebabkan pengenceran darah dan hiponatremia (kadar natrium dalam darah turun dari normal). Sehingga, sangat penting untuk mengatur jumlah konsumsi air minum dari sahur hingga berbuka.

Itulah beberapa tips pola minum air putih saat berpuasa. Imbangi juga dengan mengonsumsi buah dan sayur sehat saat sahur dan berbuka yaa, Sahabat Jaco! Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga puasa kita lancar dan penuh berkah.

Share this post