Sering Ngantuk Pas Kerja - Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

Sering Ngantuk Pas Kerja? Mungkin Kamu Ga Lakukan Hal ini!

Health – Halo Sahabat Jaco! Siapa nih yang suka nyolong-nyolong tidur pas jam kerja? Memang yaa rasa kantuk adalah hal yang sulit sekali ditahan, apalagi saat jam kerja. Gak mungkin kan tidur saat jam kerja, bisa-bisa kena surat peringatan nih dari HRD. Tapi, kalau ditahan bisa bikin pusing dan menyebabkan tidak konsentrasi saat bekerja. Sebelum menjadi kebiasaan buruk yang melekat pada diri kamu, yuk lakukan hal-hal berikut ini!

1. Malam Harinya Jangan Begadang

Malam Harinya Jangan Begadang

Penyebab utama rasa kantuk yang paling umum adalah karena kamu begadang di malam harinya. Entah karena pekerjaan yang menumpuk, insomnia, ataupun terlalu asik main gawai kesayanganmu. Waktu istirahat yang seharusnya cukup untuk membangun tenagamu di pagi harinya, harus kamu habiskan untuk hal kurang berguna. Jadi, kalo kamu masih suka begadang, coba untuk menghentikannya mulai dari sekarang yaa!

2. Jangan Sarapan dengan yang “Berat”

Jangan Sarapan dengan yang “Berat”

Ketika kamu melewatkan sarapan di pagi hari, tubuhmu tidak memiliki asupan energi yang cukup sehingga menyebabkan lelah dan mengantuk. Sarapan membuktikan bahwa kinerja fisik dan mental dapat berjalan dengan baik sepanjang hari daripada yang tidak melakukan sarapan. Namun, kamu juga perlu memperhatikan sarapan yang akan kamu makan, hindari makanan cepat saji atau makanan yang terlalu manis, karena akan membuat kamu lebih cepat mengantuk loh! Hal ini disebabkan karena karbohidrat yang kamu konsumsi lebih banyak. Kamu bisa mengganti sarapanmu menjadi buah, sereal, ataupun roti yaa Sahabat Jaco!

3. Lakukan Olahraga Pagi secara Rutin

Lakukan Olahraga Pagi secara Rutin

Selanjutnya, kamu menjadi mudah mengantuk bisa jadi karena kurangnya melakukan olahraga pagi secara rutin. Hal ini disebabkan karena berolahraga dapat meningkatkan adrenalin, sehingga kesadaranmu menjadi lebih meningkat. Untuk melakukan olahraga di pagi hari tidak usah terlalu ekstrem, kamu hanya perlu meregangkan otot-otot, melakukan stretching ringan ataupun melakukan lompatan-lompatan pelan. Jika kamu memilih untuk berjalan santai atau  berlari kecil di lingkungan rumah juga lebih baik, karena kamu dapat menghirup udara segar sebelum menghadapi pekerjaan yang menumpuk.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Minum Air Putih yang Cukup

Hal kecil lain yang seringkali tidak kamu sadari menjadi penyebab kantuk adalah kurangnya mengonsumsi air putih. Air putih atau air mineral diikat oleh darah, lalu berfungsi untuk memberi oksigen pada otak. Jika kamu kekurangan air putih, jantung akan memompa lebih keras, hal ini yang menyebabkan lebih cepat kelelahan, aliran oksigen ke otakmu juga berkurang sehingga menyebabkan kantuk. Meminum air putih dalam jumlah yang cukup mampu menjaga tubuh dari rasa kantuk. Konsumsi air putih yang disarankan adalah 8 gelas perhari, untuk itu usahakan mengonsumsi air putih secara rutin yaa, Sahabat Jaco!

5. Mengonsumsi Kafein

Mengonsumsi Kafein

Percaya atau tidak, kafein yang terdapat dalam kopi dapat membuat rasa kantukmu hilang loh, Sahabat Jaco! Kafein bekerja dengan cara menstimulasi sistem metabolisme dan sistem saraf pusat tubuhmu sehingga kamu pun merasa lebih bertenaga, tidak mengantuk, dan dapat meningkatkan konsentrasi. Kafein yang terkandung dalam segelas kopi dapat berbeda-beda tergantung pada proses pembuatan atau penyeduhan kopi tersebut. Kafein akan diserap dan bersirkulasi di dalam tubuh dalam waktu 30-60 menit setelah konsumsi, di mana efek ini akan bertahan hingga 6 jam. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi kafein yaa, cukup 200-300 mg setiap harinya saja agar kamu tidak terkena efek samping dari mengonsumsi kafein.

6. Dengarkan Musik yang Memacu Adrenalin

Dengarkan Musik yang Memacu Adrenalin

Cara untuk menghilangkan kantuk berikutnya adalah dengan mendengarkan musik yang dapat memacu adrenalin. Cara ini dapat kamu lakukan loh Sahabat Jaco karena terbukti sangat efektif. Selain memilih lagu yang berirama semangat, kamu juga bebas memilih lagu-lagu favorit yang biasa kamu putar. Dengan begitu akan memberikan efek meningkatnya produktivitas kerja. Namun, untuk mendengarkan musik yang berirama semangat ini sebaiknya menggunakan headset agar teman-teman disekeliling tidak merasa terganggu. Karena itu, sebaiknya lakukan aktivitas tersebut ketika memang kamu sedang mengantuk ataupun ketika mood kamu sedang tidak bersahabat ya, Sahabat Jaco!

7. Tidur Sebentar Saat Istirahat

Tidur Sebentar Saat Istirahat

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan ketika mengantuk saat sedang bekerja adalah tidur siang sejenak. Sempatkan waktu 10-20 menit untuk tidur ketika jam makan siang. Meski hanya sebentar, cara ini efektif menghilangkan rasa kantuk loh. Namun, kamu hanya bisa tidur ketika waktu istirahat. Pastikan juga ketika kamu tidur siang tidak mengganggu rekan kerjamu yaa, Sahabat Jaco!

Rasa kantuk memang hal yang wajar dialami oleh siapapun. Namun, jangan sampai kantuk menurunkan kinerjamu di kantor yaa. Kamu bisa coba lakukan cara-cara di atas untuk mengatasi rasa kantukmu. Selagi ada solusi maka lakukanlah, namun jika sudah tidak bisa ditolerir tak ada salahnya untuk bersitirahat sejenak untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuhmu. Selamat mencoba!

Share this post