Rasakan Manfaat Berkuda Dengan Horse Rider

Sering Dianggap Olahraga Kaum Elit, Kini Siapa Saja Bisa Rasakan Manfaat Berkuda Loh!

Sport – Halo Sahabat Jaco! Banyak jenis olahraga yang dapat kamu lakukan sebagai pilihan latihan kebugaranmu. Mulai dari berjalan kaki, berlari, bersepeda, hingga berkuda. Mungkin dalam keseharian, berkuda terlihat sangat jarang dilakukan. Namun, berkuda merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan loh, Sahabat Jaco! Karena selain dapat berolahraga, kamu juga bisa berekreasi dalam waktu bersamaan.

Mengendarai kuda akan membantumu meningkatkan kebugaran fisik. Menunggangi kuda tidak hanya sekadar duduk saja, perlu posisi duduk yang benar dengan cara memegang tali kendali yang harus tepat. Jadi, saat kamu menjadi penunggang kuda, fisikmu juga akan memiliki fisik yang bugar. Selain itu, banyak juga loh manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berkuda. Apa saja yaa manfaat lain dari berkuda? Cek ulasannya berikut ini ya!

1. Melatih Keseimbangan dan Koordinasi

Melatih Keseimbangan dan Koordinasi

Ketika berkuda, kamu akan menghadapi banyak tantangan, bukan hanya soal kecepatan, melainkan juga guncangan seperti lompatan dan derapan. Jika kamu tidak memiliki keseimbangan dan koordinasi yang baik, maka bisa saja kamu mengalami cedera, misalnya jatuh dari atas badan kuda. Sehingga, ketika kamu berkuda, kamu pun mengembangkan keterampilan koordinasi tubuh untuk dapat menggerakkan tubuh kuda dan membuat kuda tetap seimbang.

2. Menguatkan Otot Tubuh

Menguatkan Otot Tubuh

Manfaat selanjutnya dari berkuda adalah dapat menguatkan otot. Keaktifan tubuh mengikuti pola gerak kuda akan membuat otot-otot sendi dan tulang turut merespon secara otomatis. Hal inilah yang menyebabkan ototmu menjadi kuat. Saat menunggang kuda tentunya tubuh harus tetap tegak dan hal ini secara tidak disadari akan melatih otot-otot tubuh agar tetap kuat. Dampaknya dalam kehidupan sehari-hari adalah postur tubuh akan selalu tegak dan dapat menghindari tubuhmu dari nyeri pinggang.

3. Meningkatkan Daya Lihat dan Konsentrasi

Meningkatkan Daya Lihat dan Konsentrasi

Saat menunggang kuda, kamu dituntut untuk berkonsentrasi penuh. Kecepatan kuda membuat kamu harus lihai dalam menentukan arah jalan. Hal ini tentunya akan membantu memaksimalkan kinerja indra penglihatan kamu untuk lebih cepat dan tepat dalam mencari trek. Selain itu, konsentrasi kamu pun terlatih, karena kamu harus tetap menjaga keseimbangan tubuh kamu dari atas badan kuda yang berlari kencang.

4. Latihan Kardiovaskular

Latihan Kardiovaskular

Setiap kuda memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing, termasuk juga dalam hal ketangkasan dan kecepatannya. Hal ini akan berpengaruh kepada besarnya energi yang kamu keluarkan. Semakin besar energi, maka sistem kardiovaskular pun akan terlatih dengan lebih sempurna. Kerja kardiovaskular ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah, yang pada akhirnya membuat asupan oksigen yang akan diedarkan ke seluruh tubuh pun menjadi lebih lancar.

Berkuda merupakan olahraga yang sangat menyenangkan. Mengendalikan kuda menelusuri jalan, menghadapi rintangan, atau memacunya dengan kecepatan membutuhkan teknik khusus yang harus dipelajari terlebih dahulu. Namun, sayangnya di Indonesia tidak semua kalangan bisa menikmati olahraga ini. Selain karena hanya tersedia di beberapa tempat, untuk bisa melakukan olahraga ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk itu, Horse Rider hadir memberikan solusi kepada Sahabat Jaco untuk merasakan manfaat berkuda di rumah. Dirancang khusus menyerupai kegiatan berkuda, sehingga kamu tidak perlu pergi jauh dan mengeluarkan kocek lebih untuk menikmati kegiatan berkuda. Selain manfaat berkuda, dengan menggunakan Horse Rider, kamu juga dapat merasakan manfaat bersepeda dan squat dalam waktu bersamaan. Jadi, olahragamu bisa lebih maksimal deh Sahabat Jaco!

Share this post