Artikel 13 - EzHoover Vacuum Cleaner

Mengenal Seluk Beluk HEPA Filter dan Manfaatnya untuk Kebersihan

Household – Kebersihan merupakan hal penting yang harus diperhatikan setiap orang. Rumah yang tampak bersih belum tentu benar-benar bebas mikropartikel atau mikroorganisme tak kasat mata. Namun hal tersebut tak perlu membuat Anda resah. Karena kini ada banyak teknologi canggih yang bisa membuat rumah Anda higienis. Salah satunya adalah teknologi HEPA filter yang sudah banyak diaplikasikan pada produk vacuum cleaner modern.

Apa Itu HEPA Filter?

High E fficiency Particulate Air (HEPA) filter adalah teknologi penyaringan udara yang dapat menangkap mikropartikel tak kasat mata di udara. Pemanfaatan teknologi yang satu ini dapat membuat udara di sebuah ruangan menjadi lebih higienis. Teknologi HEPA filter kini diintegrasikan berdasarkan standar dari Institute of Environmental Sciences and Technology (IEST).

Mengenal Daya Saring HEPA Filter

HEPA filter yang asli memiliki daya saring sangat besar. Kekuatannya dapat menyaring hingga 99% partikel berukuran 0,3 mikron. Standar kualitas tersebut membuat HEPA filter asli dibanderol dengan harga mahal. Namun ada pula produk HEPA filter turunan yang daya saringnya cukup baik. Biasanya produk HEPA filter turunan dapat menyaring 85% hingga 90% partikel berukuran 1 mikron.

Mekanisme Kerja HEPA Filter

Teknologi filter biasa hanya mampu menyaring kotoran-kotoran berukuran besar. Namun tidak demikian halnya dengan HEPA filter. Karena teknologi HEPA filter dilengkapi dua jenis saringan sekaligus. Saringan pertama berfungsi untuk memisahkan kotoran kasar dan partikel debu berukuran besar. Sedangkan saringan kedua berfungsi untuk menyaring mikro partikel yang ukurannya jauh lebih kecil. HEPA filter dioperasikan dalam kecepatan tinggi agar bisa menangkap dan menyimpan mikro partikel secara maksimal. Selanjutnya, mikro partikel yang sudah ditangkap akan segera disalurkan dan disimpan pada tangki pembuangan.

Pemanfaatan HEPA Filter dalam Kehidupan Sehari-hari

Awalnya HEPA filter dimanfaatkan sebagai penyaring udara di ruangan produksi farmasi. Supaya proses produksi obat-obatan dapat berlangsung higienis tanpa gangguan mikro partikel penyebab penyakit. Namun kini penggunaan HEPA filter juga banyak dimanfaatkan untuk produk vacuum cleaner. Teknologi HEPA filter pada vacuum cleaner membuat daya isapnya menjadi lebih besar dan efektif. Semua jenis kotoran berukuran besar maupun mikro partikel akan terisap dengan sempurna. Barang-barang dan seisi rumah pun jadi bersih maksimal jika Anda menggunakan vacuum cleaner berteknologi HEPA filter.

Kalau vacuum cleaner lama Anda sudah tidak bisa berfungsi secara maksimal, alangkah lebih baik bila Anda memilih produk vacuum cleaner baru berteknologi canggih. Karena penggunaan vacuum cleaner berkualitas akan mempengaruhi kesehatan Anda dan keluarga di rumah.

Share this post