Manfaat Sandal Terapi untuk Kesehatan

Sudah Tahu Belum? Ini Dia Manfaat Sandal Terapi untuk Kesehatan!

Health – Halo Sahabat Jaco! Berapa banyak nih alas kaki yang kamu punya di rumah? Apakah salah satunya adalah sandal terapi? Memang sudah bukan rahasia lagi bahwa sandal terapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan tonjolan-tonjolan yang terdapat pada telapak alas kaki memang ditujukan sebagai refleksi. Tidak hanya untuk orang tua, kaum muda-mudi pun banyak yang memilih menggunakan sandal terapi sebagai fungsi kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan sandal terapi.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Seringkali pengguna sandal refleksi merasa sakit atau tidak nyaman karena tonjolan-tonjolan tersebut, terutama bagi yang baru menggunakannya. Namun, tahukah kamu bahwa tonjolan-tonjolan kecil tersebut berdampak positif bagi kesehatan?

Sandal refleksi pada dasarnya memang dirancang dengan tonjolan-tonjolan kecil yang disesuaikan dengan titik-titik akupuntur pada kaki. Tonjolan inilah yang akan menghilangkan sumbatan pada pembuluh darah sehingga peredaran darahmu akan lancar.

Tidak hanya pembuluh darah di kaki yang akan lancar tetapi juga mempengaruhi pembuluh darah di area tubuh lainnya. Semakin banyak sirkulasi darah yang dialirkan, maka akan semakin baik kerja aliran darah dan dalam pembuluh limfatik. Dengan meningkatnya aliran darah, tubuh akan semakin mampu membuang racun yang membantu tubuh untuk menghilangkan berbagai penyakit kardiovaskular.

2. Menyehatkan Otot dan Persendian

Terkadang kamu harus menempuh perjalanan jauh di sepanjang hari-harimu, bisa jadi berjalan antar-halte, menunggu antrian bus dan kereta, hingga bolak-balik di karena ada meeting dengan kolegamu. Hal ini menyebabkan kamu harus selalu bergerak dan berjalan. Pemilihan alas kaki yang salah dapat menyebabkan aktivitasmu menjadi tidak nyaman loh, sahabat Jaco!

Faktanya, otot dan sendi adalah dua hal yang penting bagi sistem gerak tubuh. Jika otot dan sendi bermasalah, maka kamu pun akan mengalami masalah dalam bergerak dan mengurangi tingkat produktivitasmu! Nah, salah satu cara menjaga kesehatan otot dan sendi adalah dengan menggunakan sandal terapi K-Walk. Manfaat sandal terapi terhadap otot dan persendian telah terbukti dapat merelaksasi otot serta menjaga kesehatan tulang dan sendi.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Semakin banyaknya jenis penyakit yang muncul saat ini dapat membuat kamu mudah terserang penyakit kapan saja. Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Hal yang paling penting adalah memberikan perisai pada sistem kekebalan tubuhmu.

Jika sistem kekebalan tubuh tetap baik, maka kamu tidak akan mudah jatuh sakit. Cara menjaga sistem kekebalan tubuh ternyata tidak hanya dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin loh, Sahabat Jaco. Melainkan juga bisa dengan menggunakan sandal terapi.

Pasalnya, menggunakan sandal terapi secara rutin setiap hari akan membantumu berolahraga tanpa kamu sadari. Jika kamu berjalan 5000 langkah saja dalam sehari dengan menggunakan sandal terapi, bayangkan betapa lancarnya peredaran darahmu. Sehingga sel-sel imun di dalam tubuhmu akan menjadi lebih kuat dan mampu mengalahkan virus, bakteri, jamur dan hal lain penyebab penyakit.

4. Mengobati Rematik

Rematik ditandai dengan nyeri sendi disebut juga rheumatoid arthritis. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun ketika sistem imun pada tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri. Dalam hal ini, yang diserang oleh sistem imun pengidap rheumatoid arthritis adalah area persendian, sehingga mengakibatkan terjadinya suatu peradangan kronik dan rasa nyeri yang hebat pada sendi-sendi yang terserang.

Meski pada umumnya rematik dialami oleh orang-orang yang sudah tua, tetapi orang yang masih muda atau paruh baya juga berkemungkinan mengalami rematik loh, Sahabat Jaco! Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti riwayat keluarga, kebiasaan merokok, dan obesitas.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari rematik, salah satunya adalah dengan menggunakan sandal terapi. Dengan menggunakan sandal terapi, kamu bisa memulai gaya hidup sehat dengan hal kecil seperti berjalan kaki.

5. Meningkatkan Kesehatan Organ-organ Tubuh dan Detoksifikasi

Tahukah kamu jika titik-titik saraf organ tubuh terhubung dengan telapak kaki? Bagian anggota atau organ tubuh sebelah kiri tersambung dengan titik saraf yang ada telapak kaki kanan. Sebaliknya, di telapak kaki kiri terdapat titik saraf organ atau anggota sebelah kanan.

Organ atau anggota tubuh yang hanya berjumlah satu seperti hidung, mulut, leher, pankreas, usus, jantung, dan lainnya ada di kedua telapak kaki. Manfaat sandal refleksi bisa meningkatkan kesehatan organ atau anggota tubuh melalui efek tekanan pada tonjolan. Apabila organ tubuhmu sehat, maka sistem organ tubuh pun menjadi sehat.

Selain itu, sandal terapi dapat membantu proses detoksifikasi yang lebih baik, terutama pada organ-organ penting seperti jantung, paru-paru, sistem endokrin, dan lain-lain. Semua organ tubuh akan bekerja dengan sangat efisien bila detoksifikasi terjadi.

6. Mengurangi Tingkat Stres dan Depresi

Jika kamu sering mengalami stres atau bahkan sampai depresi, sandal terapi bisa menjadi solusinya. Sandal refleksi bekerja pada titik yang merangsang sistem kelenjar endokrin untuk melepaskan hormon oksitosin. Hormon oksitosin yang sering kali dikenal dengan ‘hormon bahagia’ merupakan hormon yang bisa mengatasi rasa stres dan depresi. Jika bekerja dengan baik, penekanan pada titik-titik itu dapat memberikan hasil, yaitu berkurangnya stres karena tubuh akan menjadi lebih rileks dan nyaman.

Proses detoksifikasi yang diaktifkan dengan terapi penekanan pada titik-titik refleks di kaki juga dapat menyebabkan tidur nyenyak. Hal ini sekaligus membantu meredakan gejala-gejala yang menimbulkan masalah tidur bagi penderita insomnia.

Secara umum, sandal refleksi aman digunakan oleh siapa saja. Sandal refleksi banyak dimanfaatkan sebagai terapi kesehatan yang mudah, murah, dan praktis. Para pemilik masalah nyeri sendi dapat menggunakan terapi ini secara rutin di rumah. Tetapi jika kamu memiliki masalah penyakit yang serius seperti diabetes, kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yaa, Sahabat Jaco!

Share this post