Olahraga Saat Puasa

Olahraga Saat Puasa Ternyata Bermanfaat Juga Lho

Health – Memasuki bulan Ramadhan, tanpa disadari kinerja tubuh pada bulan puasa pun berubah dan menyesuaikan diri dengan asupan yang dicerna tubuh. Saat berpuasa tubuh membakar nutrisi yang tersimpan dalam tubuh seperti cadangan lemak, karbohidrat, dan gula sehingga masih dapat memproduksi energi sendiri. Kinerja organ lain dalam tubuh orang yang berpuasa pun menyesuaikan diri juga. Disinilah mengapa olahraga masih diperlukan selama bulan puasa. Selain untuk memperkuat tubuh. Hal ini diperlukan untuk keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani. Jika salah satu aspek lebih berat dikhawatirkan keseimbangan terganggu. Ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan pada saat akan berolahraga ketika melaksanakan ibadah puasa.

Apa sih pentingnya olahraga saat puasa ?

Walau terdapat banyak keterbatasan pada saat berpuasa, namun bukan berarti aktivitas kita hanya tidur atau bermalas-malasan karena kekurangan energi akibat puasa. Akan lebih baik jika waktu luang yang didapat pada saat puasa diisi dengan aktivitas olahraga juga. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan stamina atau daya tahan tubuh, daya ingat menjadi lebih baik, rasa percaya diri yang ikut meningkat, mengurangi stress, dan memperlancar peredaran darah.

Selain itu olahraga dengan teratur dapat neningkatkan kinerja pembuluh darah kecil atau mikrosirkulasi pada jantung, ginjal dan organ vital lainnya sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantungs secara mendadak. Agar tubuh Anda tetap sehat bugar maka sebaiknya olahraga tidak Anda tinggalkan pada saat berpuasa. Jenis olahraga, waktu pelaksanaan, dosis, waktu dan jenis olahraga juga perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda masing-masing pada saat berpuasa. Hal ini bertujuan untuk memelihara tubuh agar tetap sehat bugar dan tidak lemas.

Hal yang paling dikhawatirkan dalam berolahraga ketika berpuasa adalah menurunnya cadangan cairan pada tubuh atau dehidrasi.

Waktu yang tepat untuk berolahraga di saat puasa

Intensitas olahraga pada saat puasa perlu dikurangi 50% lebih sedikit dari yang biasanya dilakukan. Cukup lakukan olahraga dengan ringan seperti senam, jalan maupun jogging selama setengah jam saja. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan Ramadhan :

  1. Saat menjelang buka puasa
  2. Setelah tarawih
  3. Sebelum sahur

Setengah jam sampai satu jam sebelum berbuka puasa merupakan waktu yang paling tepat untuk berolahraga. Sehingga Anda tidak perlu khawatir cairan tubuh akan habis karena terlalu lama menunggu berbuka puasa untuk mengembalikan cairan tubuh. Setelah berolahraga dan waktu berbuka puasa tiba segeralah minum sesuai dengan kebutuhan agar cairan atau keringat yang dikeluarkan tubuh waktu berolahraga dapat segera digantikan. Selain itu minum juga dapat menurunkan kembali suhu badan yang meningkat akibat panas yang terjadi ketika berolahraga.

Jika Anda melakukan olahraga setelah waktu berbuka puasa, setidaknya Anda harus menunggu dua jam setelah perut terisi makanan agar pencernaan memiliki cukup waktu untuk mencerna.

Jenis olahraga yang tepat ketika berpuasa

Jika pada hari biasa Anda biasa lari setidaknya lima kali seminggu maka ketika berpuasa kurangilah intensitasnya, cukup tiga kali seminggu selama 30 menit. Ketika akan berolahraga jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan. Lakukan stretching terlebih dahulu.

Untuk olahraga lainnya, Anda bisa menggunakan sepeda atau berjalan dengan treadmill. Namun biasanya olahraga seperti jalan sehat bisa menjadi pilihan sembari ngabuburit. Olahraga juga berpengaruh terhadap penurunan berat badan, dengan berolahraga Anda dapat menurunkan berat badan setidaknya 2,35kg. sedangkan jika Anda tidak berolahraga maka Anda hanya akan mengalami penurunan berat badan sebesar 0,66kg selama satu bulan puasa.

Olahraga paling pas dilakukan pada saat berpuasa adalah yoga, pilates, dan body balance. Selain intensitas rendah, latihan tersebut juga memiliki manfaat bagi pikiran juga jiwa.

Nah, bagaimana Jacompanion? Ternyata berolahraga selama puasa Ramadhan itu penting. Tetap semangat menjalankan ibadah puasa Bersama produk Jaco ya.

Share this post