Manfaat Berjalan Kaki Untuk Kesehatan

Manfaat Luar Biasa dari Berjalan Kaki untuk Kesehatan Jangka Panjang

Halo Sahabat Jaco! Sebenarnya untuk mendapatkan tubuh bugar dan sehat, kita tidak memerlukan waktu yang lama dalam berolahraga. Cukup luangkan waktu selama 30 menit setiap hari secara rutin, maka banyak manfaat yang bisa kamu rasakan. Namun, faktanya berolahraga menjadi hal yang sulit dilakukan banyak orang, apalagi mengingat kamu yang semakin sibuk dan aktivitasmu yang segudang yaa. Pasti sangat melelahkan kalau harus ditambah lagi dengan berolahraga.

Meski begitu, kamu harus tetap meluangkan waktumu untuk berolahraga. Kamu bisa mencoba memulai olahraga dengan berjalan kaki. Berjalan kaki merupakan olahraga yang terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan di mana saja. Selain itu, jalan kaki merupakan olahraga yang sangat ekonomis dan tidak memerlukan biaya yang besar dan alat yang berlebihan. Manfaat apa saja ya yang bisa kamu rasakan dari berjalan kaki? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi kamu yang jarang berolahraga, tubuh akan dengan mudah terkena penyakit. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan berjalan kaki selama 30 menit. Jalan kaki dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna melawan infeksi. Dengan sistem kekebalan tubuh yang terjaga dengan baik, maka produktivitasmu juga dapat meningkat.

2. Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan, berjalan kaki sepertinya adalah salah satu pilihan olahraga yang paling mudah kamu lakukan. Pasalnya, dengan berjalan kaki kamu dapat meningkatkan hormon insulin. Hormon insulin inilah yang membantu mengatur metabolisme karbohidrat, protein dan lemak di dalam tubuh. Dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari secara rutin, kamu dapat membakar kalori hingga 150 kalori per hari. Jadi, berat badanmu secara otomatis dapat berkurang nih, Sahabat Jaco!

3. Mengurangi Gejala Varises

Varises biasanya terjadi seiring dengan bertambahnya usia, berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, tapi yang paling umum disebabkan karena pembengkakan pembuluh darah vena yang biasanya terjadi di sekitar betis dan kaki. Akibatnya, aliran darah yang mengalir ke jantungmu menjadi tidak lancar. Agar dapat mengurangi gelaja varises, kamu bisa berjalan kaki secara rutin. Dengan berjalan kaki secara konsisten setiap hari, kamu bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi, sehingga tidak terlihat lagi pembuluh darah vena yang menonjol dan terlihat di area betis.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Kronis

Tahukah kamu kalau berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit kronis? Sebuah penelitian dari The American Diabetes Association menyatakan berjalan kaki mampu menurunkan kadar gula darah dan risiko terkena penyakit diabetes. Selain itu, peneliti di University of Boulder Colorado dan University of Tennessee menemukan fakta bahwa berjalan kaki rutin setiap hari bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke sebesar 20 hingga 40 persen. Hal ini dikarenakan jalan kaki mampu meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kebiasaan yang sering dilakukan kebanyakan orang setelah habis makan adalah tidak melakukan aktivitas apapun. Berdiam diri setelah makan makanan berat dapat menyebabkan sistem pencernaanmu menjadi tidak lancar. Untuk itu, berjalan-jalan santai setelah makan selama kurang lebih 15-30 menit dapat mempercepat pergerakan makanan yang ada di dalam tubuh. Itu artinya makanan yang baru saja kita konsumsi bisa jauh lebih cepat dicerna dari biasanya. Selain itu, berjalan santai setelah makan dapat membantu menjaga kadar gula darahmu tetap stabil dan tidak memberikan lonjakan yang membahayakan tubuh.

6. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat jalan kaki yang terlihat secara fisik adalah kemampuannya memperbaiki postur tubuhmu. Selain terlatihnya otot kaki, berjalan kaki juga melatih otot tubuh lainnya seperti paha, perut, tangan, dan punggung. Bahkan, berjalan kaki juga dapat menghindari kamu dari postur tubuh yang bungkuk.

7. Mencegah Osteoporosis

Manfaat jalan kaki selanjutnya yang dapat kamu rasakan adalah terhidar dari osteoporosis. Osteoporosis disebabkan oleh adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Dengan berjalan kaki, bukan saja otot-otot badan yang diperkokoh, melainkan tulang-belulang juga. Tak cukup ekstra kalsium dan vitamin D saja untuk mencegah atau memperlambat proses osteoporosis. Tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis.

Meski terbilang olahraga yang mudah dan murah, berjalan kaki ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuhmu. Tantangannya adalah niat dan konsistensi dirimu dalam memulai olahraga yang sederhana ini. Untuk itu, yuk mulai #UbahHidupmu menjadi lebih sehat dengan meluangkan sedikit waktumu untuk investasi kesehatan jangka panjang!

Share this post