Wajah Bersih - Lakukan 7 Hal ini, Untuk Wajah Bersih dan Mulus

Rutin Lakukan 7 Hal ini, Wajah Bersih dan Mulus bisa Kamu Dapatkan!

Halo Sahabat Jaco! Mungkin kamu salah satu dari sebagian besar populasi wanita yang sangat mementingkan kecantikan wajah. Pasalnya, wajah yang bersih dan mulus memang dapat meningkatkan kepercayaan diri para wanita. Banyak cara yang dapat kamu lakukan demi mendapatkan hasil yang diharapkan dalam waktu yang cepat, namun kebanyakan cara memutihkan wajah ini memakai obat dengan bahan tidak alami dan tidak aman karena mengandung bahan kimia. Akibatnya, cepat ataupun lambat kemungkinan akan timbul efek samping yang tidak baik bagi kesehatan yang akan dirasakan

Padahal untuk mendapatkan wajah yang bersih dan mulus, yang harus diubah adalah rutinitasmu loh, Sahabat Jaco! Untuk itu, yuk simak 7 hal berikut yang bisa membuat wajahmu menjadi bersih dan mulus.

1. Bersihkan Wajah dengan Benar

Wajah Bersih - Bersihkan Wajah dengan Benar

Sebelum kamu tidur, pastikan kamu membersihkan wajahmu secara maksimal. Make up yang kamu gunakan seharian, sisa-sisa kotoran dari debu jalanan, polusi yang kamu hadapi sepanjang perjalanan bisa menyumbat pori-pori yang akhirnya menyebabkan jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya. Kamu bisa menggunakan pembersih khusus yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu ataupun make up remover untuk membersihkan beberapa riasan yang sulit dihapus seperti eyeliner dan mascara. Jika kamu memang terlalu malas dan lelah untuk membersihkan wajah, kamu bisa menggunakan tisu basah khusus untuk wajah untuk membersihkan wajahmu secara cepat. Yang terpenting jangan sampai kamu melewatkan rutinitas ini yaa!

2. Gunakan Sabun Cuci Muka Setiap Hari

Wajah Bersih - Gunakan Sabun Cuci Muka Setiap Hari

Selanjutnya, rutinitas yang tidak bisa kamu lewatkan adalah mencuci wajahmu dengan sabun cuci muka. Pilih sabun pencuci muka yang sesuai dengan kondisi wajahmu. Kamu harus mengetahui kondisi kulit wajahmu, apakah kering, berminyak ataupun kombinasi. Sehingga akan memudahkanmu untuk memilih sabun pencuci muka yang tepat. Menggunakan sabun cuci muka setiap hari memiliki banyak manfaat bagi kulit wajahmu, yakni membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajahmu sehingga bisa membuat pori-porimu bersih dan bernapas dengan baik. Rajin mencuci muka juga dapat membantu meregenerasi kulit mati pada wajah dan membantu mengangkat bakteri dan kotoran yang menempel di wajah sebelum membentuk jerawat-jerawat baru. Untuk itu, jangan sampai skip rutinitas satu ini yaa, Sahabat Jaco!

3. Pakai Tabir Surya yang Mengandung SPF

Wajah Bersih - Pakai Tabir Surya yang Mengandung SPF

Tinggal di negara tropis sudah dipastikan kamu akan terpapar sinar matahari setiap hari. Jika terus-terusan terkena sinar matahari tanpa penghalang, kulitmu bisa saja tampak lebih gelap, kusam, mempercepat proses penuaan hingga dapat memicu kanker kulit. Untuk itu, sangat penting untuk memasukkan tabir surya ke dalam rutinitas harianmu sebelum beraktivitas yaa! Formula Sun Protection Factor (SPF) yang terdapat dalam tabir surya yang kamu kenakan mampu menangkal kulitmu dari UVA dan UVB. Pastikan kamu mengenakan tabir surya 30 menit sebelum ke luar ruangan agar lapisan pelindung terbentuk maksimal. Jika kamu akan terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, ulangi aplikasi tabir surya setiap dua jam sekali agar kesehatan kulit dapat terjaga. Jadi, masih malas menggunakan tabir surya setiap hari?

4. Minum Air Putih Secara Rutin

Wajah Bersih - Minum Air Putih Secara Rutin

Meski mudah didapatkan dan tidak memerlukan banyak biaya, nyatanya masih banyak orang yang menyepelekan dan kurang mengonsumsi air putih. Padahal banyak penelitian yang telah mengemukakan manfaat ajaib dari mengonsumsi air putih. Ternyata mengonsumsi air putih secara rutin juga sangat bermanfaat bagi kecantikan wajahmu loh! Dengan mengonsumsi air putih, tubuhmu akan mengeluarkan racun lebih efisien dan menjadikan kulitmu terlihat fresh dan lebih glowing. Mengonsumsi air putih juga dapat membantu melembabkan kulitmu secara alami karena air bisa memberikan nutrisi yang baik pada sel-sel kulitmu. Selain itu, air putih mampu menjaga elastisitas dan kelenturan secara alami pada kulit serta membantu proses pemulihan kulit yang terbakar sinar matahari. Jadi, jangan sampai kurang mengonsumsi air putih lagi yaa, Sahabat Jaco!

5. Atur Pola Makan dan Asupan Bergizi

Wajah Bersih - Atur Pola Makan dan Asupan Bergizi

Sebagai lapisan terluar tubuh, tentu kulit menjadi perisai segala hal yang terjadi di luar. Mulai dari melindungi organ dalam dari paparan sinar matahari, polusi udara, radikal bebas dan lainnya. Sehingga, ketika kulit banyak ‘melawan’ dari luar, kita harus membantunya menjaga dari dalam. Salah satunya dengan menjaga pola makanan lewat gizi seimbang. Kamu harus mengimbangi kebutuhan konsumsi makanan bagi tubuhmu dan mengurangi mengonsumsi makanan cepat saji dan olahan. Lebih baik jika membiasakan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayur dalam rutinitasmu, vitamin yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran telah terbukti dapat membuat kulit menjadi sehat dan bercahaya secara alami.

6. Melakukan Olahraga Secara Konsisten

Wajah Bersih - Melakukan Olahraga Secara Konsisten

Tahukah kamu kalau berolahraga ternyata juga bermanfaat untuk mempercantik kulit? Berolahraga dapat mendorong sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga akan menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup bagi kulit. Apabila kulit menerima suplai oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit jadi terjaga kesehatannya dan akan senantiasa lembap dan tampak lebih cerah secara merata. Pada saat kamu berolahraga, kelenjar keringat juga akan memproduksi banyak keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Dengan begitu, kotoran yang terkunci di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat, sehingga pori-pori akan kembali bersih dan segar. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari berolahraga, kamu harus melakukannya secara konsisten. Kalau perlu buat jadwal latihan dan set alarm untuk konsistensi olahragamu. Selamat mencoba!

7. Istirahat yang Cukup

Wajah Bersih - Istirahat yang Cukup

Hal yang juga sangat penting dalam menjadikan wajahmu bersih dan mulus adalah waktu istirahatmu. Percaya atau tidak, pola tidur sangat berpengaruh terhadap kondisi kulitmu. Ketika kamu tidur dengan waktu yang cukup maka lelah akan berkurang dan tubuh akan menjadi lebih segar dan dapat mencegah timbulnya garis-garis halus pada kulit wajah. Efek positif lain dari  munculnya kantung mata yang dapat mengurangi kecantikan. Tidur delapan jam sehari juga dapat membantu menstabilkan hormon kortisol (hormon stres) pada tubuh, sehingga kelenjar minyak di bawah kulit tak terpicu berproduksi secara berlebihan. Tidur juga menjadi momen bagi tubuh untuk memproduksi kolagen, senyawa protein yang memengaruhi elastisitas dan kecantikan kulit serta mencegah dari kekusaman.

Nah, itulah 7 hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan wajah yang bersih dan mulus. Tentunya yang sangat dibutuhkan adalah rutinitas dan konsistensimu dalam melakukan hal tersebut yaa, Sahabat Jaco!

Share this post