Khasiat 5 Bahan Herbal bagi Kesehatan

Wajib Tahu! 5 Bahan Herbal ini Punya Banyak Khasiat untuk Kesehatanmu Loh!

Health – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya adalah mengatur pola makan, berolahraga, menjaga pola tidur dan mengonsumsi bahan-bahan herbal. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa bahan herbal memiliki kandungan dan khasiat yang sangat banyak. Diantara banyaknya bahan herbal yang tersebar di dunia, berikut ini 5 bahan herbal yang harus kamu kenali dan ketahui manfaatnya.

1. Green Tea

Manfaat Teh Hijau - Green Tea

Teh hijau atau lebih dikenal dengan nama green tea berasal dari pohon teh biasa, yang membedakannya adalah teh hijau tidak melalui proses fermentasi namun melalui proses pemanasan dengan mengukus teh lalu dipanaskan lagi, hal ini bertujuan untuk menghambat terjadinya fermentasi yang menyebabkan terjadinya perubahan warna pada daun.

Selain memiliki rasa yang lebih nikmat, teh hijau ini juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Teh hijau lebih sehat karena memiliki kandungan kafein yang rendah dan antioksidan yang tinggi. Hal ini telah dibuktikan oleh masyarakat Tiongkok dan Jepang sejak berabad-abad lalu.

Manfaat mengonsumsi green tea bagi tubuh adalah meningkatkan kinerja ginjal, memperkuat pembuluh darah, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi penyerapan lemak, mengurangi nafsu makan dan mengontrol berat badan, mengatasi jerawat, mencegah diabetes, menurunkan kadar gula yang tinggi, meningkatkan regenerasi atau peremajaan sel kulit, mencegah kulit keriput atau penuaan dini, menjaga kesehatan gigi, menjaga daya ingat dan konsentrasi, mengurangi stress, mengurangi risiko penyakit mata, dan meningkatkan fungsi otak.

2. Black Tea

Manfaat Teh Hitam - Black Tea

Teh hitam atau black tea berasal dari daun yang sama dengan teh hijau, yaitu Camellia sinensis yang membedakannya adalah proses pengolahan teh hitam yang dioksidasi sempurna sehingga kandungan kelembaban yang terdapat di dalam daun teh benar-benar terangkat, proses inilah yang membuat warna teh hitam menjadi coklat kehitaman.

Black tea memiliki rasa yang lebih kuat karena memiliki kandungan kafein, karbohidrat, kalium, mineral, fluoride, mangan, dan polifenol yang baik. Teh hitam juga merupakan sumber antioksidan yang baik seperti tanin, guanin, xanthine, purin, catechin dan ester gallic.

Kandungan itulah yang membuat black tea memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah meningkatkan kewaspadaan, membantu meningkatkan fungsi otak, melawan radikal bebas, membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, mencegah diabetes dan membantu menjaga kesehatan mulut.

3. Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya - Aloe Vera

Lidah buaya atau Aloevera merupakan tanaman yang masuk dalam famili Xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe. Lidah buaya memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Lidah buaya telah lama dimanfaatkan sebagai tanaman kesehatan karena manfaatnya yang sangat banyak, lidah buaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan kadar keasaman tubuh, membantu proses detoksifikasi, mengatasi sembelit, mengurangi kadar gula darah, membantu sistem pencernaan dan dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Asam Jawa

Manfaat Asam Jawa

Asam jawa banyak digunakan sebagai bumbu masak, tapi tahukan kamu bahwa asam jawa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Asam jawa yang memiliki nama latin Tamarindus indica mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, seng, kalium, magnesium, dan fosfor.

Banyaknya kandungan dalam asam jawa membuat asam jawa memiliki manfaat besar bagi kesehatan, manfaat yang paling terkenal dari asam jawa adalah mampu menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, membantu sistem pencernaan, sebagai anti-inflamasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan sirkulasi darah dan mampu menurunkan berat badan.

5. Asam gelugur

Manfaat Asam gelugur untuk kesehatan

Asam Gelugur atau dalam bahasa latin disebut Garcinia atroviridis merupakan jenis pohon penghasil asam potong atau asam keping. Asam gelugur memiliki kandungan mineral, vitamin, serat, flavonoid, HCA atau acid hydroxyl citric, hidroksi sitrik, ascorbic, malic, tartaric yang bermanfaat bagi kesehatan.

Asam gelugur merupakan tanaman yang banyak ditemui sebagai bahan campuran atau pelengkap masakan oleh masyarakat Melayu. Namun, kamu harus tahu berbagai manfaat yang terdapat pada asam gelugur, yaitu mampu menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol jahat, sebagai antioksidan, mencegah timbulnya aterosklerosis atau pengerasan dan penyempitan sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan tidak maksimal serta melancarkan pencernaan.

Setelah mengenal 5 bahan herbal tersebut, tentunya kamu ingin juga ya mengonsumsi secara optimal bahan-bahan tersebut untuk kesehatan kamu? Tapi kamu bingung bagaimana caranya? Teh Daduzi merupakan teh kesehatan yang memiliki 5 kandungan bahan herbal tersebut. Tentunya kamu tidak perlu repot lagi mencari dan mengolah 5 bahan tersebut, kan! Kamu cukup menyeduh Teh Daduzi dan meminumnya rutin setiap hari, lalu kamu akan merasakan manfaat dari green tea, black tea, lidah buaya, asam jawa dan asam gelugur bersamaan secara maksimal.

Share this post