Menjaga Kesehatan Tulang

Jaga Kesehatan Tulang Demi Investasi di Hari Tua

Health – Kebanyakan orang hanya mengetahui jika tulang hanya berfungsi untuk menggerakkan badan. Sebenarnya tulang juga memiliki berbagai fungsi penting, seperti pembentuk struktur tubuh serta pelindung otak, sistem saraf dan organ lain dari benturan atau cedera. Selain itu tulang juga berperan sebagai tempat penyimpanan kalsium dan fosfor. Kandungan mineral tersebut membantu menjaga tulang agar tetap kuat.
Kesehatan tulang perlu dijaga karena semakin bertambahnya usia, tulang mungkin akan rapuh dan mudah pecah. Cedera pada tulang memerlukan proses penyembuhan yang cukup lama dan biasanya diikuti oleh rasa nyeri yang hebat.

Pastikan asupan kalsium dan vitamin dalam tubuh selalu terpenuhi

Kesehatan Tulang - Pastikan asupan kalsium dan vitamin dalam tubuh selalu terpenuhi

Susu adalah salah satu sumber kalsium dan vitamin D yang baik. Ketahui asupan kalsium yang diperlukan per harinya. Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa (rentan usia 19-50 tahun) dan laki-laki (rentan usia 51-70 tahun) adalah 1000mg kalsium per hari. Sedangkan untuk wanita (>50 tahun) dan laki-laki (>70 tahun) perlu mengonsumsi 1200mg kalsium per harinya.
Tanpa vitamin D, tubuh tidak dapat menyerap kalsium dengan optimal. Vitamin D berperan penting bagi kesehatan tulang. Sama seperti asupan kalsium, asupan vitamin D pun memiliki dosis standar tersendiri sesuai dengan usia.

Hindari mengkonsumsi Alkohol dan Merokok

Kesehatan Tulang - Hindari mengkonsumsi Alkohol dan Merokok

Rokok dan alcohol adalah dua hal yang memang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan dapat mengganggu penyerapan kalsium pada tubuh Anda. Bahkan kalsium yang sudah tersimpan dalam tubuh juga dapat terbuang sia-sia.

Biasakan posisi duduk yang benar

Kesehatan Tulang - Biasakan posisi duduk yang benar

Selalu perhatikan posisi duduk Anda, jika posisi duduk salah maka dapat menimbulkan permasalahan pada tulang, seperti pegal-pegal. Posisi duduk yang benar, kaki harus menapak ke lantai, duduklah dengan posisi tegak, rileks, upayakan jangan mengadahkan kepala saat duduk, dan gunakan kursi yang ada sandarannya.

Beri waktu istirahat yang cukup bagi tubuh

Kesehatan Tulang - Beri waktu istirahat yang cukup bagi tubuh

Beri waktu istirahat tubuh Anda setidaknya sehari setiap minggu sehingga tubuh dapat rileks dan mengurangi cedera. Tubuh perlu beristirahat dan memperbaiki diri setelah baraktivitas. Maka berilah waktu luang untuk tubuh beristirahat.

Tetap aktif bergerak dengan olahraga ringan

Kesehatan Tulang - Tetap aktif bergerak dengan olahraga ringan

Menjaga fisik tetap aktif juga diperlukan selain mengkonsumsi susu saja. Tidak usah diragukan lagi, olahraga dengan rutin dapat membuat tulang kuat terhindar dari osteoporosis. Cobalah untuk latihan angkat beban setelah berolahraga cardio pemacu jantung, seperti lompat tali dan jogging. Ada saran lain yang bisa Anda lakukan jika Anda sedang sibuk dan tidak mau membuang banyak tenaga, Anda bisa berjalan kaki setiap hari paling tidak 5000 langkah sehari dengan menggunakan sandal terapi K-Walk agar terbebas dari segala penyakit. Stamina Anda pun akan semakin meningkat dengan latihan yang rutin.
Berinvestasi kesehatan ternyata sungguh mudah, bukan?

Share this post