Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering, Bisa Bikin Cerah juga Loh!

Beauty – Halo hai Sahabat Jaco! Tinggal di negara beriklim tropis membuat banyak masalah yang timbul pada kulit. Bahkan tak sedikit orang yang menyadari kalau kulitnya sedang mengalami masalah yang serius. Kondisi kulit kering adalah salah satunya. Tidak dapat dipungkiri kalau memiliki kulit yang kering, pecah-pecah bahkan mengelupas akan membuat kamu menjadi kurang percaya diri. Apalagi buat kamu yang sering ke luar ruangan dan terpapar langsung dengan sinar matahari serta debu, pasti akan mengalami kondisi seperti ini.

Sebenarnya kulit kering dan kusam disebabkan karena kulit tidak bisa menjaga kelembapan dan menurunnya tingkat sebum. Selain itu, faktor penyebab lainnya adalah karena kurang konsumsi air, kurang menjaga pola makanan sehat, dan penggunaan alat makeup yang tidak cocok. Meski begitu masalah kulit ini masih tetap bisa diatasi. Berikut ini beberapa tips atau cara mengatasi kulit kering secara alami. Selain itu, mampu untuk menyehatkan dan mencerahkan kulitmu juga. Mau tahu metodenya apa saja? Langsung simak ulasannya di bawah ini yaa.

1. Mandi dengan Sabun yang Mengandung Pelembap

Pernahkah kamu merasa kulit cepat kering meskipun baru saja mandi? Bisa jadi kamu salah memilih sabun. Apalagi jika kulitmu tergolong kulit sensitif, maka kamu tidak bisa menggunakan sembarang sabun karena kulit akan mudah menjadi kering. Penyebab kulit kering sampai cepat bergurat putih karena rusaknya kulit mati yang ada di atas permukaan. Untuk itu, pemilik kulit kering harus mencari sabun yang mengandung bahan pelembap agar kulit terhidrasi. Carilah sabun yang mudah larut dengan air, karena sabun yang mudah larut dengan air berarti lembut dan halus. Selain itu, hindari pula sabun antiseptik karena membuat kulit kering dan membunuh bakteri. Padahal bakteri di tubuh ada jamur, virus, dan ada juga bakteri normal.

2. Hindari Terlalu Sering Mandi Air Panas

Mengatasi Kulit Kering - Hindari Terlalu Sering Mandi Air Panas

Mandi dengan air panas memang bisa membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks dan memperlancar peredaran darah. Namun, temperatur air yang terlalu tinggi juga dapat memicu hilangnya kelembapan kulit loh, Sahabat Jaco! Saat kamu mandi kombinasi sabun dan air panas tidak hanya menghilangkan kotoran di lapisan luar kulit saja, tetap juga menghancurkan lapisan lemak pelindung kulit. Tubuh akan menyesuaikan temperatur setelah terkena air panas, sehingga kelembapan kulit akan hilang. Sah-sah saja mandi dengan menggunakan air hangat, tetapi usahakan untuk tidak berlama-lama di kamar mandi dan jangan lupa menggunakan lotion yaa, Sahabat Jaco!

3. Gunakan Body Lotion Berpelembap yang Berkualitas

Kandungan pelembap dalam body lotion juga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang kering. Pilih produk yang mengandung shea butter, ceramides, asam stearat, gliserin, atau asam laktat yang dapat membantu menanggalkan lapisan teratas kulit kering dan menembus lapisan sehat di bawahnya. Hindari produk lotion yang mengandung alkohol, pengharum, retinoid dan alpha-hydroxy acid (AHA) karena dapat menarik keluar kelembapan kulit. Oleskan lotion tebal-tebal untuk menggenjot asupan kelembapan kulit dalam beberapa menit setelah mandi, setidaknya dua kali sehari – pagi dan malam sebelum tidur. Niscaya kulitmu akan berangsur-angsur pulih kembali dan sehat.

4. Lakukan Eksfoliasi Secara Teratur

Kulit kering juga membutuhkan eksfoliasi loh, Sahabat Jaco! Proses eksfoliasi sendiri bertujuan menghilangkan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. Tekstur kulit yang kering biasanya juga disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang menumpuk dan tak disingkirkan sampai tuntas. Selain itu, proses eksfoliasi ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Seperti mereduksi pori-pori kulit yang tertutup oleh kotoran dan breakouts, meningkatkan kolagen, dan membuat warna kulit wajah menjadi lebih merata. Terlebih lagi, memilih produk eksfoliasi yang tepat akan mengurangi tingkat kekeringan pada kulit. Seperti produk Mineral Peeling yang mengandung bahan-bahan alami yang mampu membersihkan kulit dari kotoran, sel kulit mati dan menghilangkan keratin. Jadi, jangan malas untuk melakukan eksfoliasi secara rutin yaa.

5. Batasi Konsumsi Gula

Mengonsumsi gula yang berlebihan juga dapat menyebabkan kulit kering dan kekurangan nutrisi. Hal ini dikarenakan gula menghisap hampir seluruh air dari sel-sel kulit dan merusak kolagen yang ada di lapisan bawah kulit, sehingga akan membuat kulit terlihat keriput, kering, dan penuaan dini. Tak hanya merusak kolagen, kandungan glukosa berlebih pada tubuh juga bisa membuat kolagen jadi kaku. Akibatnya, kulit pun bisa kehilangan elastisitas dan menimbulkan masalah komedo dan jerawat. Untuk itu, penting sekali membatasi konsumsi gula yaa, Sahabat Jaco! Kamu bisa menjaga kesehatan kulit dengan memastikan minum air putih cukup setiap harinya, konsumsi juga makanan dan minuman yang kaya vitamin C dan E, serta istirahat yang cukup.

6. Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3

Mengatasi kulit yang kering bukan hanya dari luar, melainkan dari dalam. Termasuk juga nutrisi atau asupan yang kamu makan yaa Sahabat Jaco! Jika kamu memiliki kulit kering, bisa jadi karena kamu kurang mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Omega 3 yang banyak terdapat di dalam ikan berlemak seperti salmon, herring, tuna dan trout mengandung asam lemak omega 3 dalam jumlah tinggi yang dapat membantu mempertahankan kelembapan, memperkuat sel kulit dan mengembalikan tekstur kulit yang kencang dan kenyal.

Nah, cara di atas bisa kamu lakukan rutin di rumah untuk mengatasi kulit kering yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Jadi, kamu bisa kembali mendapatkan kulit yang lembap, sehat dan cerah sehingga kamu lebih tampil percaya diri. Selamat mencoba yaa!

Share this post