Bermasalah dengan Saraf Kejepit? Tangani dengan 5 Tips berikut ini

Health – Saraf kejepit adalah kondisi dimana saraf tersebut tertekan oleh bagian sekitarnya. Perlu dipahami bagaimana menangani saraf kejepit ini agar bisa lekas pulih. Saraf kejepit bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja seperti misalnya bagian leher, lengan , betis, punggung atau bagian tubuh lain. Dalam istilah kedokteran, saraf kejepit disebut juga sebagai Herniated Nucleus Pulposus (HNP).

Penyakit saraf kejepit adalah sebuah gangguan sistem saraf yang terjadi karena ada penonjolan pada cakram antarruang tulang belakang. Hal ini mengakibatkan sebagian saraf yang ada di sekeliling menjadi tertekan atau terjepit sehingga menyebabkan rasa sakit atau nyeri. Nyeri pada pinggang dapat terjadi karena ada kondisi saraf kejepit. Nyeri yang ditimbulkan pun bisa parah namun juga bisa tidak seberapa sakitnya. Sakit ini bisa hilang dan timbul kembali. Rasa nyeri juga bisa dirasa secara terus menerus bahkan adapula yang merasa semakin lama rasa sakitnya makin parah.

Untuk mengobati saraf kejepit, terdapat perbedaan penanganan dan lama pengobatan. Tergantung pada tingkat rasa sakit. Berikut yang mungkin dapat Jacompanion lakukan untuk menyembuhkan saraf kejepit.

Meminum Obat Pereda Nyeri

Saraf Kejepit - Meminum Obat Pereda Nyeri

Ketika mengalami saraf kejepit, ada beberapa jenis obat yang dapat dikonsumsi seperti obat ibuprofen dan naproxen. Obat tersebut dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit sekaligus atasi peradangan dan kurangi pembengkakan. Biasanya obat ini dikonsumsi dengan cara diminum atau lewat suntikan.

Berikan tubuh asupan kalsium dan kalium

Saraf kejepit - Berikan tubuh asupan kalsium dan kalium

Zat kalsium penting untuk tubuh dan tulang. Untuk sembuhkan saraf kejepit, tubuh memerlukan ion. Zat kalium pun dibutuhkan untuk proses metabolisme sel. Kalium berfungsi memperkuat koneksi antar saraf sehingga kondisi saraf kejepit tidak mudah muncul kembali. Makanan yang mengandung kalsium antara lain seperti sayuran hijau, susu, keju, dan yogurt. Sedangkan kalium terkandung pada kacang, alpukat, pisang dan aprikot.

Lakukan suntik steroid pada tulang belakang

Saraf Kejepit - Lakukan suntik steroid pada tulang belakang

Suntik steroid pada tulang belakang adalah salah satu cara untuk mengobati saraf terjepit. Namun pengobatan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter. Metode penyembuhan ini dipercaya akan membantu meredakan sakit dan saraf kejepit pun akan sembuh secara berkala. Perlu diingat bahwa metode ini harus dikonsultasikan dengan dokter karena efek sampingnya cukup serius jika tidak ditangani secara profesional.

Tidur dengan waktu yang cukup

Saraf Kejepit - Tidur dengan waktu yang cukup

Tubuh perlu beristirahat lebih lama agar saraf yang rusak dapat diperbaiki secara alami. Tidur malam dengan kualitas yang baik dan dalam waktu normal dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh saraf kejepit. Ada baiknya juga jika kalian menyediakan waktu luang kurang lebih 2 jam agar dapat beristirahat dengan cukup.

Gunakan Bantal Terapi

Saraf Kejepit - Lumbar Pillow Gen 2

Carilah bantal terapi untuk menyembuhkan saraf terjepit dengan mengembalikan lengkungan pinggang ke posisi normal. Salah satu bantal terapi yang sudah terbukti manfaatnya adalah Lumbar Pillow Generasi 2 dari Jaco TV Shopping. Lumbar Pillow aman digunakan setiap hari dan berguna untuk meluruskan, merenggangkan dan menata kembali anatomi tulang, juga dapat meredakan kram dan nyeri pada sendi.

Bagaimana tips tentang cara menyembuhkan saraf kejepit tersebut? Mudah untuk dipraktikan bukan? Jangan biarkan saraf kejepit terlalu lama karena dapat menyebabkan kerusakan permanen pada saraf.

Share this post