Cara Diet Sehat Tanpa Harus Membahayakan Kesehatan

Ini Dia Cara Diet Sehat yang bisa Kamu Lakukan Tanpa Harus Membahayakan Kesehatan!

Halo Sahabat Jaco! Isu berat badan nampaknya tidak pernah lekang oleh zaman yaa. Berat badan dan tubuh ideal masih menjadi goals seseorang hingga saat ini. Bahkan tak jarang banyak yang melakukan cara instan untuk mendapatkan tubuh idaman, mulai dari mengonsumsi obat-obat pelangsing hingga melakukan diet ekstrem.

Memelihara keinginan untuk menurunkan berat badan secara cepat dan menjadi langsing sangat diperlukan, tapi mengubah pola makan secara drastis apalagi sampai tidak makan malah berisiko terkena gangguan kesehatan pula loh, Sahabat Jaco! Meski sudah berusaha keras untuk mengurangi berat badan seketika, diet yang tidak sehat tidak akan membawa dampak baik dalam jangka panjang. Untuk itu, kamu harus tau nih cara diet yang tetap sehat meski dilakukan dalam waktu singkat berikut ini!

1. Awali Hari dengan Minum Air Lemon

Awali Hari dengan Minum Air Lemon

Mengonsumsi buah lemon di awal hari akan membantu dietmu loh, Sahabat Jaco! Buah lemon mengandung potasium, antioksidan, vitamin C, elektrolit (kalsium, magnesium, dan pottasium), pectin fiber, citric acid, alkalin tinggi, properti anti-bakteri dan anti-virus yang berguna untuk meningkatkan massa otot. Dengan demikian, lemak jenuh dalam tubuh akan lebih mudah terbakar. Selain dapat menahan nafsu makan berlebihan, lemon juga sangat bermanfaat untuk membuang toksin dari tubuh, membantu memperbarui sistem kekebalan tubuh, menjaga tubuh terhidrasi, menyehatkan usus besar, membantu pencernaan, mengurangi risiko kanker, dan memberantas jamur, virus dan bakteri. Cara praktis mengonsumsi buah lemon adalah dengan memotong buah lemon menjadi dua bagian, lalu peras buah tersebut ke dalam air putih dingin.

2. Makan Pisang di Pagi Hari

Makan Pisang di Pagi Hari

Mungkin kamu sering mendengar pisang sebagai makanan diet. Hal ini bukan tanpa alasan loh, sebuah pisang dengan ukuran sedang memiliki 110 kalori, 30 gram karbohidrat, 3 gram serat, 13% kalium, dan 15% vitamin C. Itulah sebabnya mengonsumsi pisang mampu dimasukkan ke dalam menu diet Anda. Pisang menyediakan jumlah fruktosa atau gula buah di dalamnya. Jenis gula ini dapat diserap oleh tubuh tanpa memerlukan insulin sehingga tidak akan menyebabkan kamu terkena diabetes. Tak hanya itu, fruktosa dalam pisang mampu meningkatkan sistem metabolisme di dalam usus kecil. Sehingga pisang tidak hanya baik untuk diet, tapi juga untuk kesehatan. Jangan lupa perhatikan porsinya agar tidak lebih dari 3 buah pisang per hari yaa!

3. Rutinkan Minum Air Putih

Rutinkan Minum Air Putih

Sudah bukan rahasia lagi kalau air putih menjadi hal yang paling esensial bagi tubuh. Orang yang banyak minum air putih terbukti jarang merasakan lapar yang berlebihan. Jika kamu sedang melakukan diet, cara ini bisa kamu lakukan ke dalam rutinitas dietmu setiap hari. Usahakan jangan langsung memenuhi mulut dengan makanan saat lapar, ganjal dulu perutmu dengan minum segelas air putih. Jika perutmu terasa kenyang, berarti kamu hanya haus atau dehidrasi, bukan lapar. Manfaat lain rajin mengonsumsi air putih adalah membantu meluruhkan racun-racun dari tubuh melalui urin sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol, mengonsumsi air yang cukup dapat membantu sistem pencernaanmu bekerja dengan baik sehingga metabolisme tubuh menjadi cepat. Hal ini sangat berpengaruh terhadap berat badanmu loh. Jadi, kurang-kurangi mengonsumsi minuman kekinian menjadi air putih saja yaa!

4. Kurangi Konsumsi Karbo

Kurangi Konsumsi Karbo

Benar ga sih kalau karbohidrat bisa bikin gemuk? Eitsss, karbohidrat yang dimaksud di sini adalah karbohidrat olahan yaa, Sahabat Jaco! Beberapa makanan yang termasuk ke dalam jenis karbohidrat olahan ini adalah keripik, kerupuk, biskuit, roti, kue dan juga mie instan. Segala sumber gula dan makanan bertepung yang sudah mengalami banyak proses pengolahan disebut dengan refined carbohydrate (karbohidrat olahan). Karbohidrat jenis ini dapat meningkatkan pelepasan insulin yang bisa menurunkan kadar gula darah sehingga dampaknya tidak baik bagi tubuh. Bukan hanya itu, makanan seperti ini juga bisa meningkatkan rasa lapar dan kecenderungan ngemil dan makan lebih banyak kalori. Jadi, sebenarnya kamu mengonsumsi makanan rendah nutrisi namun tinggi kalori sehingga kamu tidak akan merasa kenyang meski sudah banyak makan karbohidrat jenis ini. Nah, jika kamu sedang melakukan diet, sebaiknya hindari makanan yang masuk ke dalam jenis karbohidrat olahan yaa!

5. Perbanyak Makanan Berserat

Perbanyak Makanan Berserat

Tidak seperti karbohidrat lainnya, serat tidak mudah dipecah dan dicerna oleh tubuh. Serat membantu mengurangi berat badan dengan cara membuat kamu merasa kenyang tanpa memakan banyak kalori. Serat merangsang reseptor yang memberi tahu otak bahwa sudah waktunya berhenti makan. Kamu bisa mengonsumsi paling tidak 25 gram serat per harinya. Kamu bisa menemukan serat pada makanan yang paling alami dan tidak melewati terlalu banyak proses olahan seperti buah, sayur dan biji-bjian. Semua buah dan sayuran mengandung serat loh, Sahabat Jaco! Dan uniknya, kebanyakan serat terkandung dalam kulitnya. Itu berarti memakan apel, pir, anggur dan jambu dengan kulitnya lebih baik, dengan syarat dicuci terlebih dahulu sampai bersih ya. Oh iya, perlu diingat bahwa tidak semua kulit buah bisa dimakan, durian misalnya!

6. Jadwalkan Olahraga Rutin

Jadwalkan Olahraga Rutin

Kalau kamu telah melakukan kelima tips di atas, alangkah baiknya jika kamu lanjutkan dengan melakukan olahraga. Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan otot pencernaan bisa semakin berkurang. Metabolisme tubuh pun akan menjadi lambat dan menyebabkan perut membuncit. Melakukan olahraga teratur dapat membakar kalori secara cepat dan memperkuat otot yang mulai lemah. Selain itu, melakukan olahraga secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan, kebugaran tubuh, dan menurunkan risiko berbagai jenis penyakit. Pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan adalah bersepeda, jogging, sit up dan yoga. Untuk permulaan, pilih olahraga yang ringan-ringan saja yaa, Sahabat Jaco!

7. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup

Nah, untuk menyempurnakan semua aktivitas dietmu, biasakan istirahat dengan cukup. Waktu istirahat yang cukup sangatlah vital bagi kesehatan tubuh. Selain itu, bila kamu sering beraktivitas di malam hari, tubuhmu akan lebih cepat merasa lapar. Akibatnya, kamu jadi ingin ngemil terus, kan? Oleh karena itu, usahakan untuk tidur lebih awal di masa dietmu yaa, Sahabat Jaco! Jika kamu mengalami kesulitan tidur, kamu bisa minum air hangat dulu sebelum tidur, karena air hangat dapat menenangkan pikiran dan pencernaanmu sehingga kamu akan lebih mudah tertidur. Mendengarkan musik yang tenang juga dapat membantumu menjadi lebih relax dan membuat tidurmu menjadi lebih lelap.

Perlu diingat yaa Sahabat Jaco, memiliki tubuh yang indah dengan berat badan dan ideal memang sah-sah saja bagi setiap orang. Kamu pun bebas melakukan diet sesuai kebutuhan tubuhmu. Tapi, diet yang sehat bukanlah yang menyiksa tubuh kamu sampai sakit, melainkan diet yang meningkatkan kesehatan tubuh. Semoga 7 cara di atas dapat membantu kamu yaa!

Share this post