Cegah Ambeien - Cara Efektif Mengatasi Ambeien

Lakukan Rutin Setiap Hari, 5 Cara Efektif Cegah Ambeien Tanpa Efek Samping

Health – Halo Sahabat Jaco! Secara tidak sadar kita menjalani gaya hidup yang tidak sehat setiap hari. Kesibukan yang kita jalani setiap hari menjadi salah satu penyebab kita menjadi malas gerak. Kebiasaan mengonsumsi makan tanpa memperhatikan kandungan gizi dari makanan juga dapat menimbulkan berbagai penyakit. Hal-hal inilah yang dapat meningkatkan resiko terjadinya wasir.

Wasir yang dikenal juga dengan ambeien atau hemoroid merupakan penyakit atau gangguan pada anus. Ambeien dapat mengakibatkan pembengkakan pada bibir anus, bahkan disertai pendarahan. Hal tersebut tentu mengakibatkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Meskipun bukan penyakit yang dapat mengakibatkan kematian namun ambeien yang sudah parah dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Maka sebelum terjadi ambeien, yuk mulai lakukan 5 cara efektif berikut setiap hari secara rutin!

1. Makan Makanan Berserat

Cara mengatasi Ambeien - Makan Makanan Berserat

Kurangnya serat dapat menyebabkan sistem pencernaan tidak lancar. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya ambeien. Untuk itu, sangat penting mengonsumsi makanan berserat setiap hari. Serat yang kamu butuhkan bagi tubuh yaitu sebanyak 25-30 gram serat setiap harinya. Jumlah itu setara dengan tujuh apel, atau 12 cangkir brokoli, atau 7,5 cangkir oatmeal. Makanan berserat umumnya rendah kalori namun kaya nutrisi dan juga membantu melancarkan sistem pencernaan. Yuk mulai mengganti makanan yang biasa kamu konsumsi menjadi sayur, buah, ataupun kacang-kacangan

2. Minum Air Putih yang Cukup

Cara Mengatasi Ambeien - Minum Air Putih yang Cukup

Sama seperti kekurangan serat, kekurangan air putih juga menjadi salah satu faktor penyebab ambeien. Seringkali kita lebih memilih mengonsumsi air dengan berbagai macam rasa karena lebih nikmat, namun jangan lupakan tetap mengonsumsi air putih. Selain memiliki banyak manfaat bagi tubuh, kebiasaan mengonsumsi air putih tentunya dapat membuat pencernaan menjadi lancar sehingga dapat terhindar dari ambeien. Kebutuhan air putih seseorang berbeda-beda, tergantung dengan aktivitasnya. Minumlah air putih yang cukup, yaitu sebanyak 6-8 gelas setiap hari.

3. Tidak Menunda-nunda BAB

Cara Mengatasi Ambeien - Tidak Menunda-nunda BAB

Kamu pasti pernah sesekali menahan BAB karena aktivitas yang padat dan pekerjaan yang menumpuk. Kebiasaan ini tentunya sangat tidak baik bagi sistem pencernaanmu. Menunda BAB juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab ambeien. Seringnya menahan buang air besar mengakibatkan sembelit. Akibat dari sembelit ini, kamu harus menggunakan tenaga ekstra untuk bisa mengeluarkan fases dari dalam perut dengan mengejan. Mengejan saat buang air besar akan mengakibatkan pembesaran pembuluh darah di anus, yang kemudian dapat menyebabkan ambeien. Jadi, jangan dilakukan lagi ya! Pergi ke toilet dan selesaikan panggilan alam itu sampai tuntas.

4. Rajin Berolahraga

Cara Mengatasi Ambeien - Rajin Berolahraga Aerobik

Rutin melakukan olahraga juga bisa menjadi cara menghindari dan mencegah terjadinya ambeien. Dengan melakukan olahraga khusus di bagian perut, dapat membantu mengurangi intensitas pengejanan pada saat melakukan buang air besar. Beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan diantaranya adalah senam kegel yang bertujuan menguatkan otot-otot pelvis atau panggul dan menghilangkan tekanan dari bagian bawah tubuh atau rutin melakukan senam aerobik untuk menjaga pergerakan usus tetap normal. Saat melakukan gerakan aerobik, terjadi peningkatan denyut jantung dan laju metabolisme, begitu pula dengan proses pencernaan. Latihan seperti joging atau olahraga air dapat menjaga fungsi tubuh tetap normal dan mencegah pembesaran vena di anus akibat konstipasi.

5. Tidak Duduk Terlalu Lama

Cara Mengatasi Ambeien - Tidak Duduk Terlalu Lama

Untuk mencegah ambeien memang sebaiknya kamu menghindari duduk yang terlalu lama. Duduk terlalu lama akan menekan anus dan memicu ambeien muncul. Tetapi jika pekerjaanmu mewajibkanmu untuk duduk, kamu bisa selingi dengan aktivitas-aktivitas kecil, seperti mengambil air minum, ke toilet atau berjalan keliling kantor. Disamping itu, kamu juga dapat menggunakan alas duduk untuk mencegah terjadinya ambeien. Alas duduk yang bisa kamu gunakan adalah AC Cushion. AC Cushion merupakan alas duduk anti ambeien yang menggunakan penggabungan metode getaran pijat dan terapi menghasilkan hawa sejuk, sehingga dapat melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan saraf pada pembuluh darah. Jadi, pekerjaan tetap lancar dan kesehatan tetap terjaga.

Nah, Sahabat Jaco itulah 5 cara efektif yang bisa kamu terapkan secara rutin setiap hari untuk mencegah terkena ambeien. Pastinya kamu tidak mau dong kesakitan ketika buang air besar!

Share this post