Berbagai Jenis Teh dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Wajib Tahu! Berbagai Jenis Teh dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Health – Jacompanion penggemar teh? Teh memiliki banyak jenis dan manfaat yang berbeda-beda. Minum teh memang membuat diri menjadi lebih tenang, bahkan di beberapa negara terdapat tradisi meminum teh. Berikut akan Jaco TV Shopping bahas beberapa jenis teh dan manfaatnya.

Teh Merah

Jenis Teh - Teh Merah

Teh merah berasal dari kelopak bunga rosela yang memiliki banyak kandungan asam sitrat, pektin, dan juga kandungan zat lain yang bermanfaat bagi tubuh. Khasiat bunga rosela dapat menyembuhkan beragam penyakit. Gangguan yang dapat dicegah dan diatasi dengan rutin mengkonsumsi teh rosella adalah penumpukan lemak di hati, asam urat, sakit perut, demam, hipertensi, kegemukan, batuk kronis, kanker dan kolestrol. Teh rosella juga dapat memberikan asupan nutrisi ke otak, menyehatkan mata dan menetralkan racun dalam tubuh.

Teh Hitam

Jenis Teh - Teh Hitam

Teh hitam dapat membantumu lebih terjaga di pagi hari karena memiliki efek yang hampir sama dengan kopi. Teh ini sering ditemukan di toko-toko dan harganya tidaklah mahal. Patut dicoba karena sangat baik untuk kesehatan jantung. Teh jenis ini dapat menurunkan kolesterol, membantu tingkatkan energi tubuh, dan tinggi antioksidan.

Teh hijau

Jenis Teh - Teh Hijau

Teh hijau ini sedang populer di kalangan masyarakat jepang. Teh hijau berasal dari Jepang biasanya berbentuk bubuk. Jika diseduh maka akan menghasilkan teh yang berwarna hijau cerah dan terasa cukup pahit. Kandungan antioksidan dalam teh ini sangat tinggi dan ampuh untuk mencegah kanker maupun obesitas. Polifenol dalam teh hijau dapat memperbaiki sel rusak dalam tubuh karena radikal bebas. Jika mengkonsumsi teh hijau secara teratur dapat mencegah penuaan dini dan menangkal sinar UV. Teh hijau juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Namun perlu diingat jika dikonsumsi berlebihan teh hijau bisa berdampak tidak sehat bagi wanita hamil karena mencegah tubuh menyerap zat besi dan asam folat.

Teh putih

Jenis Teh - Teh Putih

Jika dibandingkan dengan teh jenis lain, teh putih tidak banyak mengalami proses pengolahan sehingga tingkat kadar polifenol yang terkandung lebih tinggi. Teh putih memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan antivirus yang sangat baik. Jika ingin meningkatkan sistem imun tubuh agar selalu fit, teh ini patut dicoba.

Teh kuning

Jenis Teh - Teh Kuning

Teh jenis ini berasal dari bunga dan dikenal sebagai salah satu teh yang memiliki manfaat penenang karena aromanya dapat membuat pikiran rileks. Selain itu teh ini juga berkhasiat untuk memperkuat kekebalan tubuh, menurunkan kolestrol, menjaga kesehatan jantung, memperbaiki kesehatan mata, meredakan inflamasi, serta memperbaiki kondisi kulit. Teh yang berasal dari bunga chrysanthemum diyakini dapat memperlambat munculnya gejala penuaan.

Share this post