5 Jenis Alat Olahraga yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Health –  Let exercise be your stress reliever, not food.

Ungkapan tersebut wajib menjadi salah satu prinsip Anda dalam menjalankan pola hidup sehat. Sebaiknya Anda melampiaskan stres dengan melakukan aktivitas fisik. Agar tubuh tetap bugar dan terbebas dari risiko kelebihan berat badan.

Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir bila saat ini sudah mengalami kelebihan berat badan. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Gunakan saja 5 alat olahraga yang efektif menurunkan berat badan berikut ini:

Dumbbell

Alat Olahraga - Maximuss Power Dumbell

Dumbbell merupakan alat olahraga untuk melatih kemampuan mengangkat beban. Berbeda dengan barbell yang harus dipegang dengan kedua tangan, ukuran dumbbell lebih kecil dan hanya perlu dipegang dengan satu tangan. Anda juga dapat memilih dumbbell dengan beban yang bisa dibongkar pasang sesuai kemmapuan. Jika massa otot bertambah karena rajin menggunakan dumbbell, komposisi lemak penyebab berat badan berlebihan akan berkurang.

Stationary Bike

Alat Olahraga - Magnetic Bike JC-189

Stationary bike atau sepeda statis dapat menjadi solusi bagi Anda yang tak sempat bersepeda. Biasanya beban sepeda statis bisa diatur sesuai kemampuan. Pada tahap awal, Anda bisa menggunakan beban sepeda yang paling kecil. Seiring dengan meningkatnya kemampuan fisik, beban tersebut bisa ditingkatkan sehingga Anda seperti bersepeda di jalan menanjak.

Treadmill

alat olahraga treadmill

Membahas tentang alat olahraga yang bermanfaat menurunkan berat badan tentu tak lengkap bila tidak menyebut treadmill. Sama seperti sepeda statis, Anda bisa mengatur beban treadmill sesuai kemampuan fisik. Treadmill otomatis yang digerakkan dengan daya listrik akan membuat latihan fisik semakin maksimal. Karena aktivitas fisik menggunakan treadmill tergolong sebagai cardio yang ampuh membakar lemak berlebihan dalam tubuh.

Skipping

Skipping adalah alat olahraga sederhana berbentuk tali dengan dua pegangan pada masing-masing ujungnya. Skipping digunakan untuk melakukan aktivitas lompat tali. Walaupun gerakannya terbilang sederhana, aktivitas lompat tali dengan skipping sangat efektif membakar lemak. Anda harus melakukan gerakan lompat tali secara hati-hati agar terhindar dari risiko cidera otot.

Stepmill

5 Jenis Alat Olahraga yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Mungkin belum banyak orang yang mengenal stepmill. Prinsip kerjanya menyerupai treadmill tetapi bentuknya seperti tangga. Stepmill digerakkan dengan daya listrik sehingga dapat berputar seperti eskalator. Aktivitas fisik dengan stepmill terasa lebih berat karena bentuknya Anda harus bergerak seperti menaiki tangga. Namun, aktivitas fisik dengan stepmill terbilang aman dan risiko cideranya pun rendah.

Mulai sekarang, Anda harus lebih bersemangat menjalani aktivitas fisik secara teratur. Pola hidup sehat yang Anda jalankan secara konsisten akan mempercepat proses penurunan berat badan. Tubuh ideal akan membuat Anda leluasa bergerak dan semakin percaya diri.

Share this post