Kebiasaan yang Membuat Tubuh Gendut

Yuk Ubah 7 Kebiasaan ini yang Dapat Membuat Tubuhmu Menggendut Tanpa Disadari

Health – Halo Sahabat Jaco! Tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa hal yang diam-diam membuat tubuhmu semakin menggendut tanpa kamu sadari? Padahal kamu sudah berusaha melakukan yang terbaik agar berat badanmu tidak naik lagi. Nah, biar kamu semakin waspada, yuk simak kebiasaan-kebiasaan remeh berikut ini yang turut menyumbang bobot tubuhmu semakin naik.

1. Makan Terlalu Cepat

Kebiasaan yang Membuat Tubuh Gendut - Makan Terlalu Cepat

Percaya atau tidak, kecepatan makanmu akan sangat berpengaruh terhadap berat badanmu loh, Sahabat Jaco! Perilaku makan dengan cepat bisa dipicu karena kamu terlalu lapar atau kondisi yang terburu-buru. Kebiasaan makan saat merasa terlalu lapar bisa jadi pemicu makan terlalu cepat dan menginginkan kalori yang lebih banyak. Pada saat itulah kamu merasa harus makan sampai perutmu benar-benar merasa kenyang, sehingga makanan yang kamu konsumsi lebih banyak daripada seharusnya. Jadi, cobalah untuk mulai makan secara perlahan sambil menikmati cita rasa makanan yang kamu santap yaa!

2. Mengonsumsi Makanan “Low Fat”

Kebiasaan yang Membuat Tubuh Gendut - Mengonsumsi Makanan Low Fat

Mungkin banyak dari Sahabat Jaco yang memilih makanan berlabel “Low Fat” sebagai pilihan konsumsi makanan yang akan kamu makan. Namun tahukah kamu kalau kebanyakan makanan yang diklaim sebagai makanan yang khusus program diet justru menyimpan banyak kalori? Lemak dalam makanan tersebut akan diganti dengan gula atau bahan-bahan kimia lain yang justru lebih berbahaya ketimbang lemak. Zat gula diserap oleh tubuh dengan sangat cepat, sehingga kamu akan merasa lebih cepat lapar dan justru semakin sering makan. Nah, sebaiknya teliti dulu yaa kandungan zat di dalam makanan rendah lemak sebelum kamu mengonsumsinya!

3. Melewatkan Sarapan Pagi Hari

Kebiasaan yang Membuat Tubuh Gendut - Melewatkan Sarapan Pagi Hari

Selanjutnya, banyak juga nih yang memiliki kebiasaan melewatkan sarapan di pagi hari. padahal sarapan yang bergizi dan mengenyangkan malah dapat membantumu menstabilkan porsi makan siangmu, loh! Sarapan sebanyak 600 kalori yang terdiri dari protein rendah lemak, karbohirat dan buah-buahan akan membantu kamu mendapatkan tubuh yang ideal. Jadi, jangan sekali-kali melewatkan sarapan dengan alasan diet yaa!

4. Pola Tidur Tidak Teratur

Kebiasaan yang Membuat Tubuh Gendut - Pola Tidur Tidak Teratur

Nah, bagi kamu si anak malam yang cenderung memiliki waktu tidur lebih sedikit dibandingkan waktu tidur normal, kamu berkemungkinan menggendut tanpa kamu sadari loh! Pasalnya tidur yang sedikit dapat meningkatkan hormon penstimulasi nafsu makan. Itulah yang menyebabkan kamu akan terus merasa lapar dan memilih makanan yang manis-manis serta penuh kalori ketika terjaga. Nah, cara cepat dan mudah untuk mempertahankan berat badan antara lain dengan mengurangi nonton drama Korea favoritmu di malam hari dan pergi tidur lebih cepat.

5. Kurang Mengonsumsi Air Putih

Kebiasaan yang Membuat Tubuh Gendut - Kurang Mengonsumsi Air Putih

Ternyata kurang mengonsumsi air putih juga dapat membuat tubuhmu menggendut loh, Sahabat Jaco! Saat tubuh tidak mendapat asupan cairan yang cukup, tubuh akan salah mengartikan rasa harus menjadi rasa lapar. Tubuh yang dehidrasi akan mengirimkan sinyal-sinyal yang membingungkan pada hypothalamus atau bagian dari otak yang mengatur hormon nafsu makan. Sehingga akan muncul keinginan untuk mengunyah makanan setiap tubuh kekurangan cairan, padahal yang kamu butuhkan hanyalah minum air putih. Jadi, biasakan mengonsumsi air putih, kurang lebih 1,5 sampai 2 liter setiap hari yaa.

6. Malas Berolahraga

Kebiasaan yang Membuat Tubuh Gendut - Malas Berolahraga

Sudah bukan rahasia lagi bahwa berolahraga adalah cara jitu untuk menurunkan berat badan. Karena pada saat seseorang berolahraga, terjadi pembakaran lemak di dalam tubuh. Sebelum kamu berolahraga sebaiknya kamu mengonsumsi makanan terlebih dahulu. Hal ini bukan hanya dapat membantu tubuhmu tidak kehilangan masa otot, tetapi juga memiliki banyak energi untuk berolahraga. Sehingga selepas berolahraga kamu nggak akan kalap atau mengonsumsi makanan lebih banyak daripada biasanya. Nah, bagi kamu yang merasa badanmu menggendut, mungkin kamu kurang berolahraga nih!

7. Kebiasaan Memotong Makanan

Kebiasaan yang Membuat Tubuh Gendut - Kebiasaan Memotong Makanan

Meskipun kebiasaan satu ini dianggap sangat sepele bagi kebanyakan orang, namun memotong makanan dapat membuat tubuhmu menggendut tanpa disadari loh, Sahabat Jaco! Memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil justru menimbulkan ketertarikan dan minat untuk makan lebih banyak. Kamu tidak akan merasa kenyang karena menganggap potongan-potongan makanan ini tidak banyak memberikan pengaruh bagi berat badanmu. Namun makanan yang masuk ke mulutmu secara tak sadar bisa melebihi porsi yang biasa kamu makan loh! Jadi, mulai sekarang hentikan kebiasaan ini agar tubuhmu tidak semakin melebar yaa!

Kebiasaan-kebiasaan di atas sangat sepele ya, Sahabat Jaco? Namun ternyata akibatnya sangat berpengaruh terhadap berat badanmu nih. Nah, setelah tau dampak yang bisa saja terjadi, kamu nggak boleh lagi menyepelekannya. Segera hentikan dan ubah kebiasaan-kebiasaan sepele tersebut. Semoga usahamu untuk menurunkan atau setidaknya menstabilkan berat badan akan lebih lancar dan sukses, ya!

Share this post