5 Tips Sehat Puasa Ramadhan

Simak 5 Tips agar Tetap Semangat Kerja Selama Menjalankan Puasa Berikut ini!

Halo Sahabat Jaco! Tidak terasa yaa kita sudah memasuki bulan Ramadhan. Bulan di mana umat muslim diwajibkan menjalankan puasa dari sebelum terbit matahari sampai terbenamnya matahari. Meski dalam keadaan berpuasa, kita tetap harus menjalankan aktivitas sehari-hari dengan semangat. Karena sejatinya puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan yaa, Sahabat Jaco!

Nah, untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan prima selama bulan puasa, simak 5 tips agar tetap semangat kerja selama menjalankan puasa berikut ini yaa!

1. Makan dengan Porsi Normal

Tips Sehat Puasa - Makan dengan Porsi Normal

Mungkin karena bekerja sambil berpuasa seharian, kamu jadi lebih cepat lapar yaa, Sahabat Jaco! Lalu kamu jadi kalap nih menghabiskan semua makanan ketika berbuka. Hal ini tentu tidak baik bagi organ pencernaanmu loh. Saat kita berpusa, alat pencernaan sedang beristirahat, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar sekaligus karena dapat menyebabkan sakit perut atau sembelit. Nah, meski berpuasa, jangan makan berlebihan yaa, kamu tetap harus makan dengan porsi normal.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Tips Sehat Puasa - Perbanyak Minum Air Putih

Tahukah kamu kalau kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan lemas dan kurang fokus selama berpuasa? Sehingga performa kerjamu turun atau kamu menjadi tidak produktif. Untuk itu, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu saat sahur dan berbuka. Konsumsi air putih yang cukup dengan waktu teratur yaa, Sahabat Jaco! Kamu dapat menerapkan pola minum 332 saat puasa, yaitu 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka dan 2 gelas di malam hari. Jadi, kamu dapat menjalankan puasa dengan tenang serta pekerjaanmu tetap selesai dengan baik karena terhindar dari dehidrasi.

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Tips Sehat Puasa - Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Pada saat berpuasa kebutuhan gizi harus tetap dipenuhi, terutama gizi yang berasal dari buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung karbohidrat yang mampu membuat kenyang lebih lama selama berpuasa. Jadi, selama kamu bekerja, fokusmu tidak teralihkan ke perut nih! Selain itu, manfaat mengonsumsi buah dan sayur pada saat berpuasa adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan segar. Hal itu karena di dalam buah dan sayur mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam menjaga daya tahan tubuh, juga membantu kontrol gula darah, sehingga terhindar dari hipoglikemi, terutama pada orang penderita diabetes melitus. So, biasakan mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka yaa, Sahabat Jaco!

4. Lakukan Olahraga Kecil

Tips Sehat Puasa - Lakukan Olahraga Kecil.jpg

Meski puasa, bukan berarti kamu tidak berolahraga yaa, Sahabat Jaco! Kamu dapat melakukan beberapa latihan ringan selama berpuasa. Olahraga yang dapat kamu pilih seperti yoga, pilates, taichi, bersepeda, berjalan santai dan berenang. Perhatikan juga waktu yang tepat untuk berolahraga yaa, waktu yang disarankan untuk berolahraga selama puasa adalah malam hari setelah buka puasa, atau bisa juga 1-2 jam sebelum berbuka puasa. Lakukan olahraga dengan durasi 30-60 menit saja, tidak terlalu lama tapi lakukan secara rutin setiap hari untuk menjaga stamina tetap prima dan performa tubuh tetap fit. Kalau tubuh kamu fit dan prima, maka pekerjaanmu akan menjadi maksimal. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga yaa, Sahabat Jaco!

5. Istirahat yang Cukup

Tips Sehat Puasa - Istirahat yang Cukup

Berpuasa dapat menyebabkan tubuhmu menjadi cepat lelah karena tidak adanya asupan untuk tubuhmu selama siang hari. Tidak dapat dipungkiri bahwa selama bulan puasa, pola tidurmu juga menjadi berubah, hal ini dikarenakan waktu tidurmu harus terpotong dengan sahur selama kurang lebih 40 menit. Untuk menyiasatinya, kamu dapat memajukan waktu tidurmu dan jadwalkan di waktu yang sama setiap harinya. Hindari bergadang dan juga kurangi kegiatan apapun yang memberatkan sehingga dapat mengurangi waktu tidurmu selama bulan puasa. Cobalah manfaatkan waktu istirahatmu di kantor untuk tidur. Tidur siang selama 20-30 menit sudah lebih dari cukup untuk memulihkan energi agar kembali produktif. Jadi, kamu dapat kembali segar dalam beraktivitas yaa, Sahabat Jaco!

Berpuasa sejatinya sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim. Meski kamu tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam, jangan jadikan alasan untuk bermalas-malasan dalam melakukan aktivitas yaa, Sahabat Jaco. Itulah 5 tips sehat yang dapat kamu lakukan selama bulan puasa, niscaya ibadahmu lancar terusss.

Share this post