Perut Buncit

Wajib Tahu! 4 Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Perut Buncit

Health – Tingkat obesitas di tanah air terus meningkat selama beberapa tahun terakhir. Anda pasti akan sering menjumpai  orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas disetiap tempat umum. Salah satu ciri utama yang dialami orang-orang dengan berat badan berlebihan adalah perut buncit.

Tak sekadar menyulitkan ketika menggunakan pakaian, perut buncit juga menandakan bahwa tubuh mulai kelebihan lemak dan berisiko tinggi terkena penyakit serius. Kesadaran untuk mengatasi kelebihan berat badan masih terbilang rendah.

Karena empat hal sepele penyebab perut buncit ini pun jarang disadari oleh banyak orang:

Kecanduan Media Sosial

Kecanduan Media Sosial

Penggunaan media sosial secara berlebihan juga berdampak buruk pada berat badan. Karena biasanya orang betah duduk berjam-jam di depan layar laptop atau gadget untuk mengakses media sosial. Akibatnya, aktivitas fisik semakin berkurang dan menyebabkan penumpukan kalori pada tubuh. Jika dibiarkan terus-menerus, kebiasaan ini akan membuat Anda mengalami kelebihan berat badan.

Suka Mengonsumsi Jus Buah

Suka Mengonsumsi Jus Buah

Jus buah memang mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Sayangnya, konsumsi jus buah secara berlebihan juga memicu kenaikan berat badan. Sebab biasanya jus buah ditambah dengan berbagai bahan tinggi kalori seperti sirup gula, susu kental manis, atau madu. Sehingga kandungan kalori dalam sajian jus buah pun menjadi berlebihan bagi tubuh Anda.

Kurang Tidur

Kurang Tidur

Pasti tak banyak yang menyangka bahwa kurang tidur juga menyebabkan perut membuncit. Bila Anda kekurangan waktu tidur, tubuh akan lebih mudah stres dan otak sulit mengontrol nafsu makan. Inilah yang menyebabkan Anda cenderung makan berlebihan dan tidak berhenti ngemil bila kurang tidur. Akibatnya, berat badan akan lebih cepat naik dan perut pun semakin buncit.

Kekurangan Asupan Air

Kekurangan Asupan Air

Jangan menyepelekan manfaat air bagi tubuh. Asupan air sangat diperlukan untuk memperlancar metabolisme, mendukung proses pencernaan makanan, dan menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Kalau Anda kekurangan asupan air, risiko perut buncit dan kembung pun tidak dapat dihindari. Sebaiknya Anda memastikan bahwa Anda mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari. Tubuh pun akan senantiasa bugar bila asupan air tercukupi.

Di antara keempat penyebab perut buncit tersebut, manakah yang sering terjadi pada Anda?

Belum terlambat memerangi ukuran perut yang berlebihan. Pola hidup sehat yang Anda lakukan mulai hari ini akan membuat Anda lebih bugar di masa mendatang.

Share this post